• Bagaimana Cara Membuat Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP)?

    Sebelum melakukan penawaran pada suatu kegiatan pekerjaan pada instansi pemerintah, termasuk beberapa instansi BUMN/BUMD dan usaha sektor swasta, disyaratkan bagi penyedia jasa untuk membuat penawaran harga dengan memperhitungkan kewajaran penawaran termasuk perinciaannya. Yang pasti, harga penawaran tidak melampaui Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner’s Estimate (OE). Lalu bagaimana menyusun atau tepatnya: merakitnya?


    Analisa harga satuan pekerjaan (AHSP)

    Sebelum membuat penwaran harga ada baiknya dipahami terlebih dahulu tentang Analisa Harga Satuan Pekerjaan, yakni suatu proses perhitungan kebutuhan biaya-biaya: tenaga kerja, bahan-bahan dan peralatan untuk masing-masing jenis pekerjaan yang dibuat berdasarkan suatu metode pekerjaan tertentu dan asumsi-asumsi yang tergambar di dalam spesifikasi teknis dan gambar desain dalam suatu jangka waktu rencana penyelesaian pekerjaan.

    Analisa harga satuan masing-masing jenis pekerjaan memuat biaya langsung (upah tenaga kerja, bahan-bahan dan biaya peralatan) dan biaya tidak langsung (biaya overhead dan keuntungan). Contoh bentuk perhitungan analisa harga satuan pekerjaan sebagai berikut:




    AHSP diformulasikan dari harga satuan upah dan harga satuan bahan dalam tabel lain, seperti contoh di bawah ini:





    Analisa Harga Satuan Pekerjaan yang baku termasuk nilai koefisien (faktor pengali sebagai dasar penghitungan biaya bahan, biaya alat dan upah tenaga kerja) mengacu kepada Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang Tata Cara Perhitungan Harga Satuan untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan serta Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 11/PRT/M/2013 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.
  • 0 komentar:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.

    Facebook

    Followers

    Followers

    Powered By Blogger

    Blog Archive

    Breaking

    Random Posts

    Recent In Internet

    Recent Posts

    Recent Post

    Recent in Sports

    Iklan

    Facebook

    Click Here

    Comments

    Recent

    Technology

    Follow Us