• 10 Daftar Peralatan Untuk Usaha Baso dan Mie Ayam

    Meat Balls Soup
    Ingin memulai usaha penjualan Baso (meat balls soup) dan Mie ayam (chicken noodles)? Untuk perencanaan usaha yang matang dan niat yang kuat, ada baiknya perlu diketahui fasilitas dan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha Baso dan Mie ayam.


    Berikut adalah fasilitas dan peralatan utama yang mesti dipersiapkan:
    1. Tempat Usaha. Tempat usaha bisa dimana saja, sepanjang memiliki potensi dihampiri oleh banyak orang. Lokasi yang ideal di antaranya: pasar, terminal, pertokoan, pemukiman yang padat, persimpangan jalan tempat transit penumpang, jalan raya (disarankan berlalu-lintas cukup ramai dan kendaraan melaju tidak terlalu cepat. Beberapa pengusaha kuliner cenderung memilih jalur jalan yang sejajar dengan arah orang yang pulang kerja.
    2. Gerobak . Gerobak dibuat sesuai pesanan dari berbagai bahan: kayu, pasangan batu permanen dan alumunium. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, harganyapun ber-variasi. Namun saat ini mudah ditemui gerobak yang terbuat dari bahan aluminium.
    3. Buleng atau dandang perebus. Buleng untuk baso terdiri dari dandang pemanas kuah yang dilengkapi “boss” untuk merebus sayur, bihun dan mie. Buleng mie ayam adalah dandang perebus terdiri dari dua ruangan, untuk merebus dan melunakkan mie dan satunya untuk memanaskan kuah kaldu mie ayam.
    4. Semawar, regulator gas tekanan tinggi dan tabung gas. Semawar adalah kompor bertekanan tinggi, digunakan agar kuah baso dan air untuk memasak mie cepat panas bergolak. Semawar disambungkan dengan pipa pas berkualitas baik dengan regulator bertekanan tinggi pada katup tabung gas.
    5. Sendok Kuah, konclongan, saringan/serok mie. Sendok kuah baso dan mie ayam dipilih yang nyaman digunakan, biasanya terbuat dari baja stainless berkualitas bagus. Konclongan adalah saringan untuk merebus mie, bihun, sayur pada buleng baso. Saringan mie sebaiknya dipilih yang berkualitas bagus, agar mie yang telah matang tidak menyangkut pada saringan. Disarankan menggunakan produk China, meski harganya cukup mahal.
    6. Tempat bumbu (garam, penyedap, bawang goreng, merica .dll.). Tempat bumbu biasanya diletakkan pada gerobak agar meudahkan peracikan baso dan mie ayam.
    7. Telenan dan pisau. Digunakan untuk memotong sayur, membelah baso, dan memotong daging tetelan.
    8. Peralatan makan dan saji. Terdiri dari: mangkuk, sendok-garpu, gelas minum, sumpit, nampan saji, tempat sendok-garpu-sumpit, botol saus-kecap-cuka, tempat sambal, tempat acar, tempat tissue, tempat tusuk gigi,  dan lainnya.
    9. Peralatan cuci dan kebersihan. Terdiri dari: ember, tempat busa dan sabun cuci, rak piring, sapu, pel, lap dll.
    10. Meja dan Kursi. Meja dan kursi ada berbagai jenis, dari yang paling sederhana dibuat dari kayu sampai furniture yang sudah jadi. Untuk pemula cukup dengan meja kayu panjang dan kursi baso plastik.
    11. Peralatan Listrik dan elektronik. Penerangan untuk gerobak dan ruang makan konsumen sebaiknya cukup baik, agar terasa nyaman. Tambahkan beberapa titik lampu dan stop kontak jika dirasakan perlu. Lengkapi dengan kipas angin, pemutar musik atau televisi. Sediakan dispenser yang menghasilkan air panas. Disarankan juga untuk menyediakan show-case refrigerator atau pendingin minuman, sebagai pelengkap produk penjualan dan penyimpanan bahan-bahan baso dan mie ayam.
      Chicken Noodles


    Peralatan lainnya bisa ditambahkan sesuai skala usaha dan kebutuhan, seperti kendaraan untuk delivery, cash register, wi-fi, dan lain sebainya.


    Selamat mencoba.




    Artikel Lain: Bagaimana memulai usaha baso dan mie
  • 0 komentar:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.

    Facebook

    Followers

    Followers

    Powered By Blogger

    Blog Archive

    Breaking

    Random Posts

    Recent In Internet

    Recent Posts

    Recent Post

    Recent in Sports

    Iklan

    Facebook

    Click Here

    Comments

    Recent

    Technology

    Follow Us