• Nasi Serpang dan Sate Lappa Yang Lezat

    Menu sarapan merupakan sasaran “perburuan” makanan untuk pengisi perut pada pagi hari. Banyak pilihan jenis dan ragam olahan untuk sarapan di setiap daerah, dari mulai: bubur, nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur, kupat sayur, soto mie dan lain sebagainya. Pada umumnya makanan ini porsinya relatif kecil (kategori medium-meal), bertekstur ringan dan mudah dicerna.

    Di Kabupaten Bangkalan, Madura, yang dikenal sebagai surganya para penggemar kuliner, terdapat berbagai menu sarapan pagi.

    Setelah subuh, jika anda masih ingin kebagian,  bersegeralah menuju daerah sekitar alun-alun untuk mendapatkan BUBUR NASI yang masih panas mengepul di dalam mangkuk daun pisang (pincuk). Tidak seperti bubur ayam, yang bertaburan suwiran ayam goreng, krupuk dan lainnya, pada bubur nasi khas Bangkalan tidak ditemukan topping apapun, namun rasanya sangat gurih melampaui kelezatan bubur sejenisnya, berstektur lebih cair dibanding bubur ayam yang kita kenal.

    Jika tidak kebagian bubur nasi panas (biasanya jam 5:30 sudah tandas), jangan khawatir, masih ada menu lainnya. Berjalanlah ke arah Pecinan, dan temui penjual NASI SERPANG.

    Nasi Serpang adalah “nasi uduknya” Bangkalan, lagi-lagi dengan piring dari daun, yang berisi nasi putih biasa dengan satu set macam-macam lauk di dalamnya. Volume lauk-pauk tersebut masing-masing sedikit (mungkin ini menginspirasi nasi kucing) terdiri dari: sepotong telur asin, tongkol bumbu merah, kerang, suwiran daging goreng, pepes jengkang (sejenis kepiting kecil yang kulitnya lunak, saat ini sudah langka keberadaannya) dan tentunya sambal yang terbuat dari cabe rawit Madura. Kombinasi berbagai lauk dengan nasi putih hangat menghasilkan rasa gurih-asin yang menjadi ciri khas kuliner Bangkalan. Sebuah rasa yang sulit ditemui padanannya pada menu masakan daerah lainnya.

    Setelah jalan-jalan sejenak, barangkali anda merasa lapar lagi. Anda bisa menikmati sate. Haah....makan sate pagi-pagi? Oh ya, di Bangkalan terdapat varian sate, dari pagi sampai malam hari.

    Sebelum jam 10 pagi, biasanya pedagang sate berkeliling di sekitara perumahan. Kali ini akan dipilih penjual sate yang mangkal di sekitar pasar. Sate ini tidak akan anda temui di tempat lain, disebut SATE LAPPA MERAH (sate berbumbu merah), dibuat dari daging sapi Madura yang terkenal gurih dan empuk.

    Sate Lappa Merah bumbunya berwarna merah, berasal dari cabe merah (yang telah dibuang bijinya agar tidak terasa pedas), bawang merah dan putih, kemiri, santan dan bumbu lainnya (untuk mengetahui resep rahasianya, saya mesti sekali lagi mengunjungi Bangkalan). Daging sapi Madura yang gurih, empuk dan matang “dicocol” pada bumbu lappa merah disantap bersama ketupat menghadirkan raa lezat yang luar biasa pada lidah. Saya merasa ketagihan dengan cita rasa gurih ini.

    Masih banyak lagi makanan enak dan unik di Bangkalan. Benar kata Bondan Winarno, kota ini adalah surga bagi penikmat kuliner.

    Selamat mencoba.
    Sukses untuk anda.  
  • 0 komentar:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.

    Facebook

    Followers

    Followers

    Powered By Blogger

    Blog Archive

    Breaking

    Random Posts

    Recent In Internet

    Recent Posts

    Recent Post

    Recent in Sports

    Iklan

    Facebook

    Click Here

    Comments

    Recent

    Technology

    Follow Us