• 5 Cara Memasak Jengkol Yang Lezat.

    Jengkol adalah sejenis bahan makanan yang banyak di konsumsi di daerah Jawa Barat. Mungkin terdapat juga di daerah lain, meski langka ditemui (atau tidak dikenal?). Bagi para penyuka, biji-bijian berkeping dua ini sangat lezat dimakan dengan nasi hangat sambal dan lalap. Olahan makanan ini dikenal mampu meningkatkan selera.




    Beberapa cara dilakukan untuk mengolah jengkol menjadi penganan yang lezat, di ataranya:

    1. Dimakan mentah, untuk jengkol yang masih muda. Rasanya getir dan aromanya sangat tajam.  Mungkin tidak semua orang bisa menikmati cara ini.
    2. Dikukus. Jengkol yang telah matang dikukus dimakan bersama dengan kelapa parut yang telah ditaburi sedikit garam dan gula pasir. Cocok menjadi kudapan sore hari dengan secangkir teh hangat.
    3. Digoreng. Irisan jengkol digoreng sampai hampir kering lalu ditaburi garam dapur menjadi lauk bersama dengan sambal.
    4. Dimasak bumbu rendang. Jengkol yang telah dibelah dimasak dengan rempah rendang dalam waktu cukup agar bumbu meresap dan empuk.
    5. Dimasak tumis kecap. Jengkol yang tua (juga disebut “sepi”) diiris agak tipis, direndam dalam air panas yang telah dilarutkan garam. Buang air keruh putih lalu dicuci bersih. Goreng sampai agak kering. Tumislah bumbu bawang merah. Bawang putih, laos, salam, sereh, irisan cabe rawit merah, lalu masukkan gorengan jengkol. Tambahkan kecap, gula pasir, garam secukupnya.




    Jika memungkinkan, proses masak jengkol menggunakan tungku kayu bakar akan membuat aromanya semakin enak.
  • 0 komentar:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.

    Facebook

    Followers

    Followers

    Powered By Blogger

    Blog Archive

    Breaking

    Random Posts

    Recent In Internet

    Recent Posts

    Recent Post

    Recent in Sports

    Iklan

    Facebook

    Click Here

    Comments

    Recent

    Technology

    Follow Us