• Apa Saja Langkah-langkah Mendirikan Perusahaan Kontraktor?

    Setelah sukses menjalankan usaha pengadaan barang  ada baiknya melangkah kepada usaha yang lebih complicated, baik dari sisi legalitas maupun praktek pelaksanaannya, yakni usaha pengadaan jasa konstruksi. Untuk menjadi kontraktor diperlukan dokumen perijinan yang lebih banyak dibanding perusahaan pengadaan barang.

    Menjalankan perusahaan pengadaan jasa konstruksi membutuhkan pengetahuan mendalam dan pengalaman di bidang ini, mengingat resiko kegagalan untuk memenuhi spesifikasi dan target penyelesaian pekerjaan. Dalam pelaksanaannya bisa berkoordinasi dengan konsultan (perencana dan pengawas) dan tenaga teknis dalam perusahaan anda.

    Mendirikan perusahaan pengadaan jasa konstruksi adalah langkah lanjutan dari pembuatan perusahaan pengadaan barang (baca: 8 Langkah SederhanaMembuat Perusahaan), sebagai berikut:

    MENJADI ANGGOTA ASOSIASI JASA KONSTRUKSI. Asosiasi jasa konstruksi adalah organisasi nir-laba yang mewadahi perusahaan konstruksi. Ada banyak asosiasi seperti ini di Indonesia, seperti: Gapensi, Gapeksindo, Askumindo, Askindo dan banyak lagi. Bawa dokumen akte dan perijinan, daftarkan perusahaan pada asosiasi yang telah anda tentukan, isi formulir dan membayar uang pangkal dan iuran untuk memperoleh Kartu Tanda Anggota (KTA). Uang pangkal hanya sekali dibayarkan, sedangkan pembayaran iuran keanggotaan bersifat tahunan.
    SERTIFIKAT BADAN USAHA (SBU). Melalui asosiasi tersebut, perusahaan didaftarkan ke Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) sesuai bidang dan sub-bidang pekerjaan yang akan menjadi spesialisasi dalam penyediaan jasa konstruksi. Untuk hal ini sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada pengurus atau badan sertifikasi anggota yang ada di dalam asosiasi.
    SERTIFIKAT KETERAMPILAN / KEAHLIAN KERJA (SKK). Salah satu syarat untuk pendaftaran SBU diperlukan tenaga teknis yang memiliki SKK (teknis atau ahli). Anda bisa merekrut personil untuk tenaga teknis untuk disertifikasi, dimana pada saat pelaksanaan pekerjaan kelak ia bisa menjadi tenaga pelaksana lapangan.
    SURAT IJIN JASA KONSTRUKSI (SIUJK). Perusahaan didaftarkan pada Badan Pelayanan Terpadu setempat untuk mendapatkan SIUJK dengan membawa seluruh dokumen perusahaan sebelumnya ditambah KTA Asosiasi, SBU dan SKK. Petugas akan melakukan verifikasi ke alamat domisili perusahaan.

    Dengan terbitnya SIUJK, maka perusahaan anda telah eligible untuk menawar, baik secara langsung maupun melalui proses lelang secara elektronik ke instansi yang dituju. Usaha jasa konstruksi memiliki resiko dan kerumitan dalam pelaksanaannya, namun dengan pengelolaan yang cermat dan sesuai dengan spesifikasi akan menghasilkan keuntungan yang cukup wajar. Baca juga ini: Bagaimana Cara Mengenali Iming-iming Keuntungan Bisnis???

    Dengan menjadi anggota asosiasi, dapat menambah wawasan, pengetahuan dan jaringan yang lebih luas di bidang jasa konstruksi. Anda dapat mengunjungi situs Gapeksindo untuk mendapatkan informasi berharga.


    Selamat dan sukses untuk anda!
  • 0 komentar:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.

    Facebook

    Followers

    Followers

    Powered By Blogger

    Blog Archive

    Breaking

    Random Posts

    Recent In Internet

    Recent Posts

    Recent Post

    Recent in Sports

    Iklan

    Facebook

    Click Here

    Comments

    Recent

    Technology

    Follow Us