• Ternyata Rusa Istana Doyan Ubi

    Rusa Totol (Axis-axis, Sp.) di Istana Bogor, sebagai salah satu ikon Kota Bogor, telah menjadi salah satu tujuan wisata. Pemandangan rusa totol bisa didapat dari luar pagar maupun di dalam Istana Bogor. Wisatawan biasanya memberi makan berupa dedaunan dan wortel dari luar pagar. Sehari-hari rusa mengkonsumsi rerumputan yang terhampar di halaman Istana Bogor yang luas, bahkan beberapa pohon-pohon berusia muda, yang saat ini “dikurung” dengan pagar kawat agar tidak tandas habis dimakan rusa.

    "UCOK" Seekor Rusa Totol Jinak Istana Bogor
    Tetapi tahukah anda bahwa Rusa Totol di Istana Bogor juga mengkonsumsi bahan pakan selain rumput dan tanaman perdu?


    Kapan Bahan Pakan Tambahan Itu Diberikan?

    Populasi Rusa Totol (Axis-axis, Sp.) yang diperkirakan berjumlah 650 ekor, akan mengalami kekurangan asupan makanan pada saat musim kemarau ketika pertumbuhan rumput di halaman istana melambat. Rusa Totol di Istana Bogor dicatat sebagai asset pemerintah, sehingga keberlangsungan hidupnya harus tetap dijaga. Untuk itu diperlukan makanan tambahan pada saat rumput sebagai makanan utama berkurang.


    Apa Saja Pakan Tambahan Yang Diberikan?


    UBI JALAR merupakan makanan tambahan yang disukai oleh kawanan rusa. Ubi jalar atau ubi manis (sweet potatoes) yang digunakan untuk pakan berdiameter 7-10 Cm diperoleh dari hasil pertanian lokal yang melimpah, dikirim ke Istana Bogor lokasi harus dalam keadaan bersih (bebas dari kotoran, tanah, dll) kemudian dipotong dan dicacah sebelum diberikan ke kawanan rusa. Ubi jalar yang telah dicacah bersama bahan pakan lain ditempatkan di dalam bak pakan ukuran 2 m X 1 m.

    TEPUNG GANDUM (wheat bran) banyak dipakai oleh industri pakan ternak di dalam maupun luar negeri sebagai salah satu bahan baku utama pembuatan pakan ternak.  Merupakan campuran dari bran dan pollard gandum, di pasaran biasanya berbentuk silinder dengan diameter 8 mm dan panjang 2-3 cm. Tepung gandum memiliki kandungan gizi yang tinggi karena berkadar protein tinggi yang dibutuhkan ternak. Kadar lemak juga lebih rendah, sehingga usia simpan dapat dipertahankan lebih lama. Bahan ini diberikan bersama-sama dengan ubi jalar.

    GARAM JILAT  (mineral licks) merupakan garam mineral (38% Natrium dengan tambahan trace elements) berbentuk balok padat dan keras dengan permukaan yang kasar, disesuaikan dengan lidah ternak yang kesat. Pakan ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan keseimbangan mineral penting dan untuk mencegah defisiensi mineral. Garam jilat, disebut juga garam blok, yang berkualitas tinggi biasanya tahan terhadap perubahan cuaca (hujan, angin dan udara lembab) alias tidak mudah mencair. Di pasaran tersedia produk lokal dan impor.

    Dengan ketersediaan rumput yang tumbuh di halaman Istana Bogor dan tambahan asupan makanan, maka populasi rusa totol dapat dipertahankan bahkan mungkin bertambah setiap tahunnya. Ini dapat menjadi peluang usaha pemasokan bahan pakan bagi penyedia jasa yang bergerak di bidang Usaha Perdagangan Barang. Baca: 8 Langkah Sederhana Membuat Perusahaan.

    Untuk memulai sebuah usaha, ada baiknya mempelajari ini juga: 5Alternatif Memulai Usaha


    Selamat menjalankan usaha dan sukses bagi anda!
  • 0 komentar:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.

    Facebook

    Followers

    Followers

    Powered By Blogger

    Blog Archive

    Breaking

    Random Posts

    Recent In Internet

    Recent Posts

    Recent Post

    Recent in Sports

    Iklan

    Facebook

    Click Here

    Comments

    Recent

    Technology

    Follow Us