LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
DPC GAPEKSINDO KABUPATEN BOGOR
PERIODE 2010 – 2015
MUSYAWARAH CABANG (MUSCAB) III DPC
GAPEKSINDO KABUPATEN BOGOR
HOTEL ORRI Jl. Mayor Oking, Pintu Tol Cibinong, Kabupaten
Bogor
Laporan Pertanggungjawaban ini disampaikan menjelang
berakhirnya kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Gapeksindo Kabupaten Bogor
periode tahun 2010-2015, yang ditandai dengan penyelenggaraan Musyawarah Cabang
(Muscab) III pada tanggal 29 April 2015 di Hotel Ori Bogor.
Musyawarah Cabang (Muscab) III DPC Gapeksindo
Kabupaten Bogor mengusung tema:
“MENDESAIN
ORGANISASI MENUJU PROFESIONALISME INSTITUSI YANG MAMPU BERKOMPETENSI DI ERA
KETERBUKAAN INFORMASI”
Selama 5 (lima) tahu DPC Gapeksindo Kabupaten Bogor
mengalami berbagai perkembangan positif dalam menjalankan gerak organisasi, dan
juga tidak terlepas dari kendala-kendala yang dihadapi selama periode
kepengurusan. Melalui proses musyawarah di antara pengurus, pada akhirnya kendala-kendala
dimaksud dapat dapat dikendalikan
1. PERKEMBANGAN POSITIF:
2. KENDALA YANG DIHADAPI:
Persoalan pertama yang harus dihadapi adalah kantor.
Gedung Pusdai Cibinong, kantor awal kepengurusan DPC Gapeksindo, mengalami
renovasi total. Setelah melalui proses persetujuan pengurus, maka kantor
dipindahkan ke tempat baru yang lebih representatif dan nyaman.
Masalah lainnya berkenaan dengan keanggotaan, dimana
beberapa anggota tidak aktif, baik dalam kegiatan organisasi maupun dalam
prestasi perolehan pekerjaan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.
Setelah ditelusuri, anggota tersebut sedang menghadapi berbagai persoalan
internal.
3. KINERJA:
Sebagai gambaran singkat tentang kinerja kepengurusan
DPC Gapeksindo Kabupaten Bogor, berikut disampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. SARANA PRASARANA
a. Alamat Kantor : Jl. Kartika Raya Blok C1 No 3,
Graha Kartika Pratama,
Bojong Gede, Kabupaten Bogor
b. No. Telpon : 021-87908170 / 081310201388
c. No. Facsimili : 021-87908170
d. E-mail DPC :
dpcgapeksindo.kabbogor@gmail.com
e. Peralatan Kantor :
i.
Meja Kursi Kantor
ii.
Meja Kursi Tamu
iii.
Komputer dan Printer
iv.
Telepon dan Fax
v.
Peralatan Dapur
vi.
Lemari data
vii.
Filing cabinet
viii.
Dll
2. MANAJEMEN DPC
a. SK DPC
Nomor : 14/SKEP/DPD-GPS/I/2010
Tanggal :
14 Januari 2010
3. PEMBINAAN
a. Program-program yang telah
dilaksanakan dalam rangka pembinaan anggota Gapeksindo:
·
Menambah frekuensi pertemuan-pertemuan antar anggota, baik
secara formal maupun non-formal, sebagai upaya untuk meningkatkan koordinasi
dan komunikasi.
·
Peningkatan kapasitas anggota dalam hal pengelolaan usaha dan
keterampilan bidang konstruksi, melalui antara lain: seminar, pelatihan,
news-letter, pendampingan.
·
Partisipasi aktif Pengurus dan Anggota DPC Gapeksindo
Kabupaten Bogor dalam kegiatan yang diselenggarakan Oranisasi maupun instansi
terkait, di antaranya:
o Keikutsertaan dalam
kegiatan yang diselenggarakan, baik oleh DPD Gapeksindo maupun DPP Gapeksindo.
o Peran aktif dalam forum
organisasi yang menaungi bidang konstruksi di Kabupaten Bogor.
o Mengirim delegasi ke
berbagai workshop dan atau
sosialisasi mengenai: pemahaman peraturan-peraturan, proses pengadaan melalui
e-procurement, dan seluk-beluk tehnik yang berkaitan dengan kegiatan usaha
bidang konstruksi, yang diadakan secara
rutin oleh Pemerintah Kabupaten Bogor dan isntansi terkait.
·
Memotivasi anggota untuk bersaing sehat dan mendapatkan
kegiatan selain dari pemda Kabupaten Bogor, baik di tingkat Provinsi, Nasional,
maupun dari pihak Swasta.
b. Anggota DPC Gapeksindo
Kabupaten Bogor
4. PRESTASI YANG PERNAH
DICAPAI
Prestasi yang pernah
dicapai adalah sebagai DPC Gapeksindo Terbaik Tahun 2013, yang diberikan oleh
DPD Gapeksindo Jawa Barat pada tanggal 18 Desember 2013.
5. LAPORAN KEUANGAN
DPC Gapeksindo Kabupaten
Bogor adalah organisasi nir-laba yang pendapatannya bersumber dari:
·
Iuran Tahunan Keanggotaan (KTA)
·
Iuran Sertifikasi Badan Usaha (SBU)
·
Kontribusi dari anggota yang mendapatkan kegiatan pekerjaan
·
Partisipasi dan sumbangan lainnya dari anggota
Sedangkan Belanja dan
Pengeluaran organisasi berupa biaya rutin terdiri dari:
·
Biaya Sewa Kantor
·
Biaya Upah Pegawai
·
Biaya ATK / Foto Copy / Keperluan Dapur
·
Biaya Listrik
·
Biaya Air
·
Biaya Lingkungan (Keamanan dan Kebersihan)
·
Biaya Perjalanan Dinas
·
Sumbangan dan Iuran
·
Lain-lain
Selama periode tahun 2010
– 2015 Realisasi Pendapatan dan Belanja DPC Gapeksindo Kabupaten Bogor adalah
sebagai berikut:
6.
PENUTUP
Dewan Pimpinan Cabang
Gapeksindo Kabupaten Bogor mengakui, bahwa dalam periode kepengurusan ini masih
banyak hal yang harus dibenahi. Oleh karenanya, Pengurus belum dapat menyatakan
puas. Dan harapan terbesar dalam periode berikutnya, adalah agar seluruh
anggota mampu mengoptimalisasi kemampuan, keterampilan dan kecakapan dalam meningkatkan
kinerja usahanya.
Untuk itu, DPC Gapeksindo
Kabupaten Bogor periode 2010-2015 tetap bertekad meningkatkan perhatian dan
kontribusi kepada Pengurus yang terpilih dari hasil Musyawarah Cabang DPC
Gapeksindo Kabupaten Bogor tahun 2015.
Demikian Laporan
Pertanggungjawaban disampaikan, dan atas nama seluruh Pengurus DPC Gapeksindo
Kabupaten Bogor periode 2010-2015 menghaturkan terimakasih dan penghargaan
setinggi-tingginya kepada seluruh anggota dan stake-holder yang
mempercayakan gerak orgnisasi kepada
kami. Serta menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya apabila selama
kepengurusan kami belum terdapat hal-hal yang kurang berkenan bagi para
anggota.
Cibinong, 29 April 2015
Salam Hormat,
DPC GAPEKSINDO KABUPATEN
BOGOR
PERIODE 2010-2015
GUSTAV MANURUNG, B.E.
Ketua
|
H. SUGANDA FIRDAUS
Sekretaris
|
0 komentar:
Post a Comment