• Mungkinkah Pasar Tradisional Menjadi Pusat Ekonomi Kreatif?

    Beberapa waktu terakhir Kota Bogor bebenah diri, mempercantik lansekap perkotaan dengan taman-taman yang selain menyejukkan mata juga berfungsi sebagai yang nyaman untuk melakukan proses berfikir kreatif. Sekarang individu maupun kelompok sering memanfaatkan taman-taman di kota Bogor dari sekedar duduk menikmati suasana hijau yang sejuk atau untuk melakukan diskusi. Discussion group yang tidak jarang melahirkan inspirasi, gagasan, konsep, untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Proses berfikir kreatif adalah embrio dari pengembangan ekonomi kreatif.

    Langit cerah adalah suatu kemewahan di Kota Bogor. Kendala terbesar kegiatan ruang terbuka adalah hujan yang setiap saat bisa hadir di kota Bogor, yang disebut sebagai kota hujan.

    Alternatifnya adalah pindah ke coffee shop, gedung mall atau perkantoran. Namun tidak semua mereka yang baru memulai mengembangkan konsep usaha dan start-up venture memiliki kemampuan terbatas.


    Pasar Jambu Dua bisa menjadi pilihan. Bukan sekarang! Saat ini kondisinya belum memungkinkan, tempat ini masih berupa pasar tradisional as-it-is. Gagasan untuk menjadikan Pasar Jambu Dua sebagai sentra perdagangan dan pengembangan ekonomi kreatif mungkin bisa diusulkan pada pihak pengelola. Harapan ini bisa terjadi seiring dengan rencana revitalisasi oleh PD Pasar Pakuan Jaya, seperti tergambar di bawah ini:



    Andai gagasan di atas termasuk di dalam rencana revitalisasi pasar Jambu Dua Bogor, maka rencana strategis yang diusulkan kepada pengelola seyogyanya seperti tercermin di bawah ini:


    Maka, dalam waktu tidak lama lagi Kota Bogor memliki tempat yang nyaman, strategis dan berfasilitas cukup bagi penggiat perdagangan dan pelaku ekonomi kreatif.

    Semoga!

    Baca Juga: Angkot sebagai media luar-ruang
  • 0 komentar:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.

    Facebook

    Followers

    Followers

    Powered By Blogger

    Blog Archive

    Breaking

    Random Posts

    Recent In Internet

    Recent Posts

    Recent Post

    Recent in Sports

    Iklan

    Facebook

    Click Here

    Comments

    Recent

    Technology

    Follow Us